Mengenal Software Procurement untuk Pengadaan Barang Jasa

 

 

 

Dalam berbisnis tentunya Anda membutuhkan bantuan teknologi. Salah satu yang bisa membantu adalah membuat pengadaan barang dan jasa secara digital. Dalam hal ini, Anda membutuhkan software procurement. Sebelum memakainya, ada baiknya Anda mengenal lebih dalam mengenai software ini.

 

Mengenal Software Procurement

 

Perangkat lunak pengadaan memberi organisasi seperangkat alat untuk mendukung perolehan barang dan jasa. Perangkat lunak pengadaan kontemporer bersifat digital dan memungkinkan karyawan untuk secara virtual meminta pembelian dari mana saja di dunia. Tentunya ini sejalan dengan konsep perkembangan teknologi di mana segala proses bisa dilakukan secara online.

 

Sebut saja ketika Anda bisa berbelanja dimana saja dengan bantuan e-Commerce. Kemudian Anda juga bisa membayar pajak dengan sistem yang dikenal dengan e-Billing. Proses operasional bisnis pun juga bisa dilakukan seperti procurement hingga purchasing.  Tentunya dalam bisnis, pembelian perlu dilakukan.

 

Ketika melakukan proses pembelian, Anda tidak langsung membeli dari satu pihak. Tentunya perlu ada proses pemilihan pihak-pihak yang pantas disebut sebagai rekanan atau supplier pembelian. Tidak hanya sebagai pembeli, Anda bisa berperan sebagai penyedia barang atau jasa untuk mendapatkan klien. Anda juga perlu memposisikan bisnis supaya bisa ada klien yang tertarik dengan barang atau jasa yang Anda jual.

 

Kedua proses ini dapat dilakukan dengan bantuan procurement atau pengadaan. Secara singkat, procurement merupakan kegiatan untuk melakukan pemenuhan atas barang dan jasa. Jumlah, kualitas hingga waktunya disepakati bersama antara pembeli dan penjual. Tak sampai situ saja, procurement juga merupakan rentetan perencanaan strategis. Di dalamnya terdapat proses purchasing, expediting hingga traffic.

 

Untuk mendapatkan proses tersebut, maka sebagai perusahaan membutuhkan proses mulai dari bidding, pemilihan vendor, pembuatan kontrak hingga pembayaran. Dengan sistem procurement, Anda juga bisa melakukan negosiasi pembayaran hingga penilaian. Lalu bagaimana dengan software procurement?

 

 

Sistem procurement secara digital membantu Anda untuk melakukan pembelian darimana saja.  Pengadaan sendiri berfungsi untuk mendapatkan harga terbaik dengan klasifikasi yang sesuai dengan kebutuhan.

 

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa dengan adanya digitalisasi ini, ada banyak keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan. Sebut saja bisa lebih efisien, efektif dan juga bisa menghemat dari segi pembiayaan. Kontrol terhadap procurement bisa dilakukan dengan lebih baik. Pastinya Anda juga bisa lebih memantau pengadaan barang. Kesalahan manusia bisa diturunkan alias tidak banyak risiko yang besar untuk human error.

Leave a Comment